Siap Saingi Google, Apple Kembangkan Mesin Pencari

 Siap Saingi Google, Apple Kembangkan Mesin Pencari

iSearch. (Foto: Istimewa)

HAIMEDIA.ID, Jakarta – Apple sedang mengembangkan mesin pencari sendiri, yang akan menjadi pesaing Google Search.

iOS 14 mulai memunculkan hasil pencarian sendiri ketika pengguna menggunakan fitur pencari yang ada di laman utama (home screen) ponsel. Info ini didapatkan dari Cnet yang mengutip laporan Financial Times, dari seorang sumber industri teknologi, yang tidak disebutkan namanya.

Temuan ini memperkuat dugaan Apple sedang membangun kompetitor Search, apalagi mereka juga “membajak” John Giannandrea, yang pernah mengepalai Google Search beberapa tahun lalu.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat awal Oktober ini memasukkan berkas tuntutan anti-monopoli terhadap Google karena mesin pencari Search mendominasi pasar.

Google dituduh secara tidak sah mempertahankan monopoli dengan prakti anti-kompetisi di pasar laman pencarian dan pencarian iklan.

Dalam berkas tersebut, disebutkan dalam kontrak Google dengan perusahaan lain, terdapat klausul bahwa laman pencari mereka dijadikan setelan utama (default). Google juga menggelontorkan miliaran dolar untuk praktik tersebut.

iPhone juga menggunakan mesin pencari dari Google selama lebih dari satu dekade ini, bahkan Google membayar Apple sekitar 8 hingga 12 miliar dolar per tahun untuk kesepakatan bisnis ini.

Sumber: CNet, Antara

Related post