Joe Biden Enggan Debat Capres Kedua Jika Trump Masih Positif Covid-19

 Joe Biden Enggan Debat Capres Kedua Jika Trump Masih Positif Covid-19

Joe Biden dan Kamala Harris. (Photo: The Times of Israel)

HAIMEDIA.ID, Washington – Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Joe Biden mengatakan bahwa debat kedua yang dijadwalkan minggu depan dengan Donald Trump tidak boleh terjadi apabila Trump masih terinfeksi COVID-19.

Dilansir dari viva.co.id, Biden mengatakan bahwa debat yang akan digelar pada 15 Oktober 2020 di Miami hanya boleh digelar dengan penerapan pedoman kesehatan yang ketat. Dia juga menyebut wabah virus Corona membuat Trump dan pejabat Gedung Putih lainnya telah terinfeksi adalah masalah yang sangat serius.

“Jika dia masih mengidap COVID-19, kita seharusnya tidak berdebat. Saya tidak yakin bagaimana kondisi Presiden Trump sekarang. Saya tidak tahu apa statusnya. Saya berharap dapat melakukan debat, tapi saya harap semua protokol diikuti,” kata Biden, dikutip Channel News Asia, Rabu, 7 Oktober 2020.

Biden telah melakukan tes kesehatan dan dinyatakan negatif COVID-19 pada Selasa kemarin. Sebelumnya, pada pidatonya di Pennsylvania, Biden menegaskan, sebagai presiden dia akan mengesampingkan politik dan mencoba menghapus perpecahan ras, politik dan ekonomi di AS yang kini makin meluas.

Meski tak menyebut nama Trump, tapi Biden menyebut AS mengalami ‘peperangan partisan’, yang membuatnya sulit mengatasi virus Corona yang telah merenggut 210 ribu nyawa.

“Mari kita kesampingkan keberpihakan. Mari kita akhiri politik. Mengenakan masker bukan lah pernyataan politik. Itu adalah rekomendasi ilmiah. Apa yang dibutuhkan AS adalah kepemimpinan untuk mengurangi ketegangan, untuk membuka jalur komunikasi dan menyatukan kita,” ujar Biden. (njn)

Related post